Penulis Utama : Adi Widiyanto
NIM / NIP : X4610004
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari pada siswa kelas II SD Negeri Waru 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015 melalui media alat bantu.
Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksankan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan untuk tiap siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri Waru 02 tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 22 siswa, 12 siswa putra dan 10 siswa putri. Sumber data untuk penelitian ini berasal dari Kepala Sekolah, Guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan gerak dasar lari dan pengamatan dari proses pembelajaran. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui media alat bantu dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari pada siswa dari prasiklus ke siklus satu dan dari siklus satu ke siklus dua. Dari analisis data diperoleh hasil pada siklus satu terjadi peningkatan hasil belajar lari untuk siswa yang tuntas yaitu 59,15 atau 13 siswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus dua peningkatan hasil belajar lari sebesar 86,35% atau 19 siswa yang tuntas.
Simpulan penelitian tindakan kelas ini adalah melalui media alat bantu dapat meningkatan hasil belajar gerak dasar lari pada siswa kelas II SD Negeri Waru 02 Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2014/2015.
Kata Kunci :hasil belajar, gerak dasar lari, media alat bantu

×
Penulis Utama : Adi Widiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X4610004
Tahun : 2015
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari Melalui Media Alat Bantu pada Siswa Kelas II SD Negeri Waru 02 Kecamatan Baki Kabupeten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Penjaskes KG Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-X4610004-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Margono, M.Kes
2. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.