Penulis Utama : Hanifah Pudja Mauliddia
NIM / NIP : K5411022
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Science Environment Tecnology and Society (SETS) dengan Earth Science Community (Earthcomm) pada kompetensi dasar menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografi.
Penelitian ini merupakan Penilitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik analisis kritis dan statistik deskriptif komparatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 3 SMA MTA Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi dan validitas empiris. Validitas isi digunakan untuk memvalidasi instrumen silabus, instrumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), instrumen penilaian sikap, instrumen penilaian keterampilan dan instrumen tes yang berupa soal esai. Validitas empiris digunakan untuk memvalidasi instrumen tes yang berupa soal pilihan ganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran SETS dan Earthcomm dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IIS 3 SMA MTA Surakarta pada kompetensi dasar menganalisis mitigasi dan adaptasi bencana alam dengan kajian geografi. Hal ini ditunjukan dari presentase ketuntasan dan peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Presentase ketuntasan peserta didik pada kondisi awal adalah 32%, pada siklus I meningkat menjadi 43% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82%. Kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I adalah 46% meningkat pada siklus II menjadi 75%. Pada aspek sikap, di siklus I peserta didik dengan klasifikasi sangat baik sejumlah 11% meningkat menjadi 35% pada siklus II. Pada aspek keterampilan, di siklus I peserta didik dengan klasifikasi sangat baik sejumlah 17% meningkat pada siklus II meningkat menjadi 46 %.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran SETS dan Earthcomm dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X IIS 3 SMA MTA Surakarta tahun ajaran 2014/2015.
Kata kunci : SETS dan Earthcomm, berpikir kritis

×
Penulis Utama : Hanifah Pudja Mauliddia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5411022
Tahun : 2015
Judul : Penerapan model pembelajaran sets dan earthcomm untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik (Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam dengan Kajian Geografi di Kelas X IIS 3 SMA MTA Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2015
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K.5411022-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Setya Nugraha, S.Si, M.Si
2. Singgih Prihadi, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.