Penulis Utama : Nila Febreiyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : X7109076
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan pemahaman konsep sistem pemerintahan pusat melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tgt (teams games tournament ) siswa kelas iv sd negeri ii Nambangan Selogiri Wonogiri tahun ajaran 2011/2012
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-X.7109076-2016
Subyek : PEMAHAMAN KONSEP
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman kosep sistem pemerintahan pusat melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournaments) siswa kelas IV SD Negeri II Nambangan Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri tahun 2011/2012.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV sejumlah 37 siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan di SD Negeri II Nambangan, Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Semester II Tahun Pelajaran 2011 / 2012. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yag terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dapat meningkatkan pemahaman konsep Sistem Pemerintahan Pusat Siswa Kelas IV SD Negeri II Nambangan Tahun Ajaran 2011/2012. Peningkatan pemahaman konsep tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai pemahaman konsep siswa pada setiap tindakan. Rata-rata nilai pemahaman konsep siswa sebelum tindakan yaitu 62,61, pada siklus I nilai rata-rata pemahaman konsep siswa menjadi 67,36 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,13. Sebelum dilaksanakan tindakan, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (>72) hanya sebanyak 12 siswa (32,43%), pada siklus I meningkat menjadi 17 siswa (45,95%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 29 siswa (78,37%).
Kata Kunci : Teams Games Tournament, pemahaman konsep, Sistem Pemerintahan Pusat

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN DEPAN.pdf
BAB 1..pdf
BAB II.pdf
BAB III..pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG_0004.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. A. Dakir,M.Pd
2. Dra. Siti Istiyati,M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP