Penulis Utama : Latifah Aulia Harini
NIM / NIP : K7114091
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada siswa kelas V SD N Bumi II No. 205 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.
Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD N Bumi II No.   205   Surakarta   tahun   ajaran   2017/2018.   Penelitian   ini   menggunakan pendekatan kualitatif yaitu melalui penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Pada tiap siklusnya memiliki empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berupa data  kuantitatif  dan  data  kualitatif.  Data  kuantitatif  berupa  nilai  pemahaman konsep perjuangan para tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda. Data kualitatif  berupa  hasil  wawancara  guru  dan  siswa,  penilaian  kinerja  guru, penilaian aktivitas siswa dan hasil dokumentasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Uji validitas data menggunakan  validitas  isi  dan  triangulasi  teknik.  Uji  validitas  menggunakan teknik triangulasi meliputi triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif yaitu meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas materi perjuangan para tokoh  pejuang pada masa penjajahan  Belanda  pratindakan  sebesar 55  dengan persentase ketuntasan klasikal 16,7%, kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai  rata-rata kelas  56,87  dengan  persentase ketuntasan  klasikal  33,3%,  pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat lagi mencapai 67,5 dengan persentase ketuntasan klasikal 58,3%, dan pada siklus III rata-rata kelas meningkat menjadi 85,6 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 91,7%. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan kinerja guru dan aktivitas siswa pada kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat  meningkatkan  pemahaman  konsep  perjuangan  para  tokoh  pejuang  pada masa penjajahan Belanda pada siswa kelas V SD N Bumi II No. 205 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018.

 

×
Penulis Utama : Latifah Aulia Harini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114091
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Perjuangan Para Tokoh Pejuang pada Masa Penjajahan Belanda melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas V SD N Bumi II No. 205 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7114091-2018
Kata Kunci : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hartono, M. Hum.
2. Hadiyah, S. Pd., M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.