Penulis Utama : Stevi
NIM / NIP : K7113269
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan melawan penjajahan Belanda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe  Teams  Games  Tournament  pada  siswa  kelas  V  SD  Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tiap siklus terdiri dari empat tahap  yaitu perencanaan,  pelaksanaan,  observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian ini adalah saya sebagai peneliti, guru dan siswa kelas V SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 30 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan wawancara. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan empat buah komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil  penelitian  tindakan  kelas  ini  menunjukkan  bahwa  nilai  rata-rata kelas pemahaman konsep perjuangan melawan penjajahan pada kondisi awal adalah 61,16 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 33,3%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 68,96 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar   56,67%. Pada siklus II meningkat menjadi 86 dengan persentase ketuntasan kelas sebesar 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan pemahaman konsep perjuangan melawan penjajahan Belanda siswa kelas V SD Negeri Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Pemahaman konsep, Perjuangan masa penjajahan, Teams Games Tournament

×
Penulis Utama : Stevi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113269
Tahun : 2017
Judul : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams Games tournament (TGT) untuk meningkatkan pemahaman konsep perjuangan melawan penjajahan belanda pada siswa kelas v SDN Surakarta tahun 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7113269-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs Hadi Mulyono M.Pd
2. Dra Sularmi M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.