Penulis Utama : Aprilia Domeng
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513075
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X TPM SMK Pancasila Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2513075 -2017
Subyek : KEAKTIFAN BELAJAR, HASIL BELAJAR, TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT), TEKNOLOGI MEKANIK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan belajar pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kompetensi dasar teknik penggunaan alat ukur dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) bagi siswa kelas X TPM di SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2016/2017; (2) meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kompetensi dasar teknik penggunaan alat ukur dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) bagi siswa kelas X TPM di SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari dua kali pertemuan dalam satu siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM-1 SMK Pancasila Surakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan  validitas konstruk untuk validitas non tes dan validitas isi untuk data dari tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif.
Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: (1) pada tahap pra siklus siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar sebesar 42,86%. Pada siklus I siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar mencapai 71,43?n pada siklus II siswa yang aktif sesuai kriteria keaktifan belajar mencapai 89,29%. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) juga dapat meningkatkan hasil belajar dengan hasil sebagai berikut: (2) pada tahap pra siklus siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 46,43%. Pada siklus I siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 71,43?n pada siklus II siswa yang nilainya memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM) sebesar 89,29%.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kompetensi dasar menerapkan teknik penggunaan alat ukur kelas X TPM-1 di SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2016/2017; (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik kompetensi dasar menerapkan teknik penggunaan alat ukur kelas X TPM-1 di SMK Pancasila Surakarta tahun ajaran 2016/2017.

Kata Kunci : keaktifan belajar, hasil belajar, teams games tournament (TGT), teknologi mekanik

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
SURAT PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ranto, M.T.
2. Budi Harjanto, ST., M.Eng.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP