Penulis Utama : Hidayatul Fadhilla
NIM / NIP : K4412032
×

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dengan media permainan kartu destinasi dalam pembelajaran sejarah. 
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas rencana tindakan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 27 orang. Sumber data berasal dari guru, siswa, proses pembelajaran, dan Dokumen. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara, observasi, tes, angket dan analisis dokumen. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif dan analisis deskriptif komparatif. Model penelitian yang digunakan adalah model spiral (Planning, Acting, Observing dan Reflecting). 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 
1. Kegiatan guru dalam mengajar maupun kegiatan siswa dalam belajar dapat dikategorikan baik, sehingga proses pembelajaran sejarah berjalan dengan baik. Ketercapaian kegiatan pembelajaran prasiklus sebesar 60,81% meningkat menjadi 74,77% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 87,00%. 
2. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan kartu destinasi dapat meningkatkan minat dan belajar sejarah siswa kelas X IIS 2 dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Minat belajar sejarah prasiklus sebesar 60,95% meningkat menjadi 76,03% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 83,02%. 
3. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan kartu destinasi dapat meningkatkan hasil belajar sejarah siswa kelas X IIS 2. Ketuntasan hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 51,85% meningkat menjadi 74,07% pada siklus I dan berhasil dikembangkan pada siklus II menjadi 88,89%. 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik simpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan media permainan kartu destinasi dapat meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas X IIS 2 SMA Negeri 5 Surakarta. 
Kata kunci : Teams Games Tournament, permainan kartu destinasi, Minat, hasil belajar

×
Penulis Utama : Hidayatul Fadhilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4412032
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) dengan media permainan kartu destinasi untuk meningkatkan minat dan hasil belajar sejarah siswa kelas x iis 2 sma negeri 5 Surakarta pada semester genap tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4412032-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Saiful Bachri, M.Pd
2. Dr. Djono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.