Penulis Utama : Wiwik Setyaningsih
NIM / NIP : K4412080
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah siswa kelas X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran struktural tipe mind mapping dengan media flash card.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta yang berjumlah 31 siswa dan guru sejarah. Sumber data berasal dari guru dan siswa, proses pembelajaran, dan dokumen. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan tes. Teknik validitas data menggunakan teknik trianggulasi yaitu trianggulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Prosedur penelitian menggunakan model Lewin yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) guru dapat menerapkan model pembelajaran struktural tipe mind mapping dengan media flash card, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Rata-rata nilai dari indikator penilaian RPP, lembar observasi guru dan siswa pada prasiklus yaitu 70,97% kemudian meningkat menjadi 79,52% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 90,56%. (2) Penerapan model pembelajaran struktural tipe mind mapping dengan media flash card dapat meningkatkan kreativitas siswa. Prosentase rata-rata indikator kreativitas siswa melalui pengamatan pada prasiklus yaitu 65,80% kemudian meningkat menjadi 69,44% pada siklus I dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 79,17%. Prosentase rata-rata indikator kreativitas hasil mind mapping kelompok pada siklus I yaitu 69,44% dan meningkat menjadi 79,17% pada siklus II. (3) Penerapan model pembelajaran struktural tipe mind mapping dengan media flash card dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta. Jumlah siswa yang tuntas KKM pada tahap prasiklus hanya 13 siswa atau dengan prosentase klasikal sebanyak 41,94%. Pada siklus I mengalami peningkatan dengan 22 siswa tuntas KKM atau dengan prosentase klasikal sebanyak 70,97% kemudian pada siklus II meningkat lagi dengan 28 siswa tuntas KKM atau dengan prosentase klasikal sebanyak 90,32%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran struktural tipe mind mapping dengan media flash card dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah siswa kelas X MIA 1 SMA Batik 2 Surakarta pada semester genap tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: Model Pembelajaran Struktural tipe Mind Mapping, media flash card, kreativitas, hasil belajar, pembelajaran sejarah.

 

×
Penulis Utama : Wiwik Setyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4412080
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model pembelajaran struktural tipe mind mapping dengan media flash card untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar sejarah siswa kelas x mia 1 sma batik 2 Surakarta pada semester genap tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4412080-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd.
2. Drs. Saiful Bachri, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.