Penulis Utama : Niken Ayu Rahmawati
NIM / NIP : K4412056
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan media audio visual dapat meningkatkan keaktifan siswa, 2) penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua kali siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, dan proses pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Batik 1 Surakarta. Sumber data penelitian ini berasal dari informan, dokumen, file, tempat, dan kejadian. sumber data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumen. Uji validasi datanya menggunakan teknik trianggulasi yaitu trianggulasi metode dan sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan metode deskriptif komparatif di mana peneliti membandingkan nilai tes dari kondisi awal, nilai tes setelah tindakan, yang kemudian direfleksi serta menganalisis proses belajar yang terjadi selama penelitian berlangsung.
Hasil penelitian ini menunjukkan setelah diterapkannya model pembelajaran GI dengan media audio visual terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar sejarah siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian di mana: (1) sebelum dilakukan tindakan prosentase keaktifan belajar siswa sebesar 26,80%, krmudian pada siklus I meningkat menjadi 46,37%, dan pada siklus II meningkat menjadi 84,67%., (2) Hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebelum penelitian ada 32 siswa (68,08%), pada siklus I meningkat menjadi 39 siswa (82,97%), dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 47 siswa (100%). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Group Investigation (GI) dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Batik 1 Surakarta pada tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci : Group Investigation (GI), audio visual, keaktifan, hasil belajar.

 

×
Penulis Utama : Niken Ayu Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4412056
Tahun : 2016
Judul : Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) dengan media audio visual dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas xi ips 1 sma batik 1 Surakarta tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4412056-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Saiful Bachri, M. Pd
2. Dr. Musa Pelu, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.