Penulis Utama : Sridayu
NIM / NIP : K2513102
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik di Kelas X TMC SMK N 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilakukan dua siklus. Pada penelitian ini, dilakukan penilaian minat belajar siswa oleh 2 observer dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi, sedangkan untuk penilaian prestasi belajar siswa diambil dari nilai post test siswa pada akhir sub materi.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TMC Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Surakarta tahun ajaran 2016/2017. Dengan subyek siswa kelas X TMD  yang berjumlah 32 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengamatan atau observasi, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan perbandingan hasil tindakan antar siklus, dapat diketahui bahwa penggunakan model pembelajaran koopretif tipe Teams Games Tournamet (TGT) mampu meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar siswa. Prosentase minat mengalami peningkatan dari tahap pra siklus, siklus I dan terakhir pada siklus II. Pada  tahap pra siklus hasil minat belajar siswa  adalah 41,4% meningkat pada siklus I menjadi 68,8% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,5%. Hal ini menunjukan bahwa prosentase hasil minat belajar siswa sudah memenuhi indikator keberhasilan minat belajar siswa yaitu ?80%. Prosentase hasil prestasi belajar sebelum tindakan atau tahap pra siklus siswa yang dinyatakan lulus ada 11 siswa atau 34,4% sedangkan pada siklus I mengalami peningkatan siswa yang dinyatakan lulus atau tuntas sebanyak 19 siswa atau 59,4?ri 32 siswa dan pada siklus II mengalami peningkatan 25% sehingga siswa yang dinyatakan lulus atau tuntas pada siklus II sebanyak 27 siswa atau 84,4?ri 32 siswa.

Kata kunci : pembelajaran koopretif, Teams Games Tournamet (TGT), minat belajar, prestasi belajar

 

×
Penulis Utama : Sridayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513102
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Melalui Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) di Kelas X TMC SMK N 5 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2513102 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Harjanto, ST.,M.Eng
2. Dr.Eng.Nyenyep S. ST.,MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.