Penulis Utama : Ifadatul Cahya Satia
NIM / NIP : K4411031
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 pada mata pelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Magelang melalui implementasi model pembelajaran pemaduan kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Talking Stick.
Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi antara peneliti, guru pengampu mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 3, dan guru pengampu mata pelajaran sejarah kelas lain serta melibatkan partisipasi siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Magelang tahun pelajaran 2016/2017, yang berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan melalui kegiatan yang berupa : (1) Observasi , (2) Wawancara, (3) Tes Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Prosedur penelitian melalui tahap: (a) Perencanaan tindakan, (b) Pelaksanaan tindakan, (c) Observasi dan Interpretasi, (d) Analisis dan Refleksi.
Pada penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dua siklus, prosentase ketuntasan hasil belajar pada ranah kognitif pra  siklus sebesar 39,29%, meningkat pada siklus I menjadi sebesar 50,7%, dan pada siklus II sebesar 92,86%. Pada ranah afektif ketuntasan siswa pada pra siklus sebesar 14,29%, pada siklus I sebesar 42,90%, dan pada siklus II sebesar 75%. Pada ranah psikomotorik ketuntasan siswa pra siklus sebesar 53,57%, siklus I 64,30%, dan pada siklus II  sebesar 78,60%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Implementasi Model Pembelajaran Pemaduan kooperatif tipe Teams Games Tournament dan Talking Stick dapat Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 5 Magelang.
        
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Teams Games Tournament (TGT), Talking Stick, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Sejarah.

 

×
Penulis Utama : Ifadatul Cahya Satia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4411031
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Pemaduan Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dan Talking Stick dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS 3 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 5 Magelang Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Sejarah-K4411031-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djono, M.Pd
2. Drs. Tri Yunianto, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.