Penulis Utama : Angga Puspita Sari
NIM / NIP : K4413003
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPS melalui penerapan model koopertaif tipe Talking Stick dan media audio visual dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas ini mengikuti model spiral yang masing-masing dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dari kelas VIII A SMP Negeri 3 Kebakkramat Kabupaten Karanganyar yang terdiri dari 32 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, test, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu trianggulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dan analisis deskriptif komparatif.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking stick dengan media audio visual dapat meningkatkan kreativitas pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kebakkramat. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata prosentase pencapaian indikator kreativitas siswa pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus, rata-rata prosentase pencapaian indikator kreativitas yaitu sebesar 50,30%. kemudian prosentase ini meningkat menjadi 71,92% pada siklus I dan 81,15% pada siklus II. Rata -rata prosentase pencapaian indikator kreativitas pada siklus tersebut telah mencapai target kinerja penelitian yang ditetapkan yaitu sebesar >80%. Kedua, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kebakkramat. Hal ini ditunjukkan dengan pencapaian hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada tahap prasiklus, terdapat 16 dari 32 siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal hasil belajar (KKM) 75; jumlah ini setara dengan 53,12%. Prosentase ini meningkat menjadi 75,00% atau 24 dari 32 siswa pada Siklus I dan 84,37% atau 27 dari 32 siswa pada Siklus II. Berdasarkan prosentase pencapaian ketuntasan minimal hasil belajar (KKM 75) pada siklus II tersebut, maka target penelitian sebesar >80% terlampaui.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dengan media audio visual dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Kebakkramat kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci : Talking Stick, media audio visual, kreativitas, hasil belajar. Ilmu Pengetahuan Sosial(IPS)

×
Penulis Utama : Angga Puspita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4413003
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VIII A SMP Negeri 3 Kebakkeramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/ 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Sejarah-K4413003-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr Nunuk Suryani M. Pd.
2. Dr. Djono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.