Penulis Utama : Wikan Chandra Purnama
NIM / NIP : K4612152
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola basket siswa kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek dalam Penelitain Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat yang berjumlah 38 siswa terdiri dari 12 siswa putra dan 26 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif.
Hasil analisis data dapat dirangkum sebagai berikut: peneliti memperoleh data pra siklus dari jumlah keseluruhan sebanyak 38 siswa terdapat 13 siswa (34,21%) yang tuntas dan 25 siswa (65,79%) yang belum tuntas. Setelah pelaksanaan siklus I diperoleh peningkatan hasil belajar permainan bola basket sebesar 73,68%. Dalam hal ini sebanyak 28 siswa dinyatakan masuk dalam kriteria tuntas. Pada siklus II pencapaian ketuntasan hasil belajar sebesar 86,84%. Sebanyak 33 siswa masuk dalam kriteria tuntas dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75.
Berdasarkan hasil analisis data diatas dapat disimpulkan bahwa: penerapan media bantu pembelajaran audio visual dapat meningkatkan hasil belajar permainan bola basket pada siswa kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: Hasil Belajar, Permainan Bola Basket, Media Bantu Pembelajaran Audio Visual.

×
Penulis Utama : Wikan Chandra Purnama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612152
Tahun : 2016
Judul : Penerapan media bantu pembelajaran audio visual untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola basket pada siswa kelas x-3 sma negeri kebakkramat Kabupaten karanganyar tahun pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4612152-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Margono M.Kes
2. Pomo Warih Adi S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.