Penulis Utama : Dede Eka Putri
NIM / NIP : K7114030
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan  tokoh  perjuangan  dalam  mempersiapkan  kemerdekaan  Indonesia  pada siswa kelas VE SD Djamaatul Ichwan Surakarta tahun ajaran 2017/2018 melalui model   pembelajaran    Kooperatif    Tipe   Teams   Games   Tournament    (TGT) berbantuan media rotar.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu peerencanaan,  pelaksanaan,  observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seorang guru dan siswa kelas VE SD Djamaatul Ichwan Surakarta pada semester dua tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 20 siswa laki- laki dan 14 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi data. Teknis analisis data adalah analisis interaktif. Analisis interaktif terdiri dari pengumpulan  data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model   Pembelajaran    Kooperatif    Tipe   Teams   Games   Tournament    (TGT) berbantuan media rotar dapat meningkatkan pemahaman konsep jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia pada siswa kelas VE  SD  Djamaatul   Ichwan  Surakarta   tahun  ajaran  2017/2018.   Peningkatan tersebut   dapat   dibuktikan   dengan   meningkatnya   nilai   rata-rata   kelas   dan persentase  ketuntasan  klasikal.  Pada  pretes,  ketuntasan  klasikal  siswa  hanya 5,88%, kemudian  pada siklus I meningkat  menjadi 34,38%,  dan pada siklus II meningkat menjadi 88,24%.

 

×
Penulis Utama : Dede Eka Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114030
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Jasa dan Peranan Tokoh Perjuangan dalam Mempersiapkan Kemerdekaan Indonesia melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Rotar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Djamaatul Ichwan Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7114030-2018
Kata Kunci : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Sri Markamah, M.Hum.
2. Drs. Sadiman, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.