Penulis Utama : Ratna Amy Purwasih
NIM / NIP : D1113019
×

Pendidikan merupakan salah satu pokok masalah yang mendapat perhatian khususnya di Kota Surakarta. Dalam rangka mewujudkan  pendidikan yang  layak dan bermutu dan pendidikan untuk semua. Kota Surakarta melakukan sebuah inovasi terkait  kebijakan pendidikan yaitu dengan mengadakan program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) yang diatur dalam Perwali No.11-A tahun 2012 tentang BPMKS. Namun pada pelaksanaan program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) terdapat permasalahan seperti ketidaktepatan sasaran program BPMKS, ketidaktepatan waktu pencairan dana Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) maupun rumitnya persyaratan permohonan pengajuan kartu BPMKS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pelaksanaan Program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta.
Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di Dinas Dikpora Kota Surakarta dan sekolah. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara dan rekaman.Teknik Penentuan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Validitas data dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data meliputi tiga hal yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Konsep efektivitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep pendekatan proses yakni dilihat dari aspek kepatuhan dari Ripley dan Franklin(dalam Spirit Publik oleh Nurharjadmo, 2008:217).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS) oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta sudah cukup efektif dan sesuai dengan juklak-juknis program BPMKS. Walaupun beberapa hal masih perlu dibenahi, yaitu persyaratan permohonan kartu BPMKS dan pencairan dana BPMKS yang masih sering mengalami keterlambatan. Namun, sosialisasi telah dilakukan dengan baik oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta kepada pihak sekolah. Jadi, secara keseluruhan dinas telah memenuhi prinsip kepatuhan (Ripley dan Franklin).
Kata Kunci: Efektivitas, Evaluasi, Bantuan Pendidikan Masyarakat Kota Surakarta (BPMKS)

 

×
Penulis Utama : Ratna Amy Purwasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1113019
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas pelaksanaan program bantuan pendidikan masyarakat kota surakarta (bpmks) oleh dinaspendidikan pemuda dan olahraga Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D.1113019-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. H. Didik G. Suharto, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.