Penulis Utama : Kurnia Ratnadewi Pralisaputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S.881402008
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan media booklet berbasis science, environment, technology and society pada materi pokok mitigasi dan adaptasi bencana alam untuk kelas x sma (Eksperimen Pada Siswa Kelas X Di SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup-S.881402008-2016
Subyek : PENGEMBANGAN
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengembangkan media Booklet berbasis SETS sebagai media pembelajaran pada materi pokok mitigasi dan adaptasi bencana alam di SMA Negeri 8 Surakarta, 2) mengetahui efektivitas pembelajaran dengan penggunaan media Booklet berbasis SETS pada materi pokok mitigasi dan adaptasi bencana alam pada hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 8 Surakarta.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang terbagi atas tiga tahap yaitu define, design, dan develop (3-D). Desain media booklet berbasis SETS dirancang menggunakan aplikasi Corel Draw 6. Validasi dilakukan untuk mengetahui kevalidan media. Terdapat tiga validator dalam penelitian ini, yaitu validator ahli materi, media dan guru. Untuk mengetahui efektivitasnya, dilakukan uji coba di kelas X IIS SMA Negeri 8 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, lembar angket dan lembar penilaian. Data penilaian kelayakan media booklet berbasis SETS diolah menggunakan deskriptif persentatif, sedangkan analisis data efektivitas menggunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, telah berhasil dikembangkan media booklet berbasis SETS dengan hasil validasi secara keseluruhan menyatakan media booklet berbasis SETS “layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Selanjutnya dari hasil uji efektivitas diketahui bahwa thitung > ttabel sehingga dapat diartikan media booklet berbasis SETS efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada materi pokok mitigasi dan adaptasi bencana alam.
Kata Kunci: pengembangan, media booklet berbasis SETS, mitigasi dan adaptasi bencana alam

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
halaman awal tesis 1.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
IMG24.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Heribertus Soegiyanto, S.U
2. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana