Penulis Utama : Elisa Dwi Wulan Hapsari
NIM / NIP : D0211038
×

ABSTRAK
Manusia berkomunikasi untuk saling berinteraksi, baik antar individu, individu dengan kelompok, maupun antar kelompok, oleh karena itu manusia disebut sebagai makhluk sosial. Esensi manusia sebagai makhluk sosial pada dasarnya adalah kesadaran manusia itu sendiri tentang status dan posisi dirinya dalam kehidupan, serta bagaimana tanggung jawab dan kewajibannya di dalam kebersamaan, dengan adanya esensi tersebut maka terciptalah sebuah komunitas yang akan menjadi wadah untuk berorganisasi.
Dalam suatu organiasai, komunikasi akan menghasilkan sinergi melalui sistem aliran yang menghubungkan dan membangkitkan kinerja antar bagian dalam organiasi itu sendiri. Iklim dan budaya organisasi dapat terbentuk karena adanya komunikasi dalam organisasi. Childhood Cancer Care menggambarkan bagaimana iklim komunikasi organisasi dalam komunitas mereka.
Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui bagaimana iklim komunikasi organisasi dalam melaksanakan fungsi dan mencapai tujuan komunitas Childhood Cancer Care di Rumah Sakit Dr. Moewardi Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam peneltian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun langkah-langhkah analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari nilai-nilai pembentuk iklim komunikasi dalam Childhood Cancer Care berjalan kondusif secara keseluruhan. Setiap elemen organisasi berupaya menciptakan komunikasi yang baik secara kekeluargaan dan kebersamaan yang terlihat dari nilai-nilai tersebut.
ABSTRACT
Humans need a communication to interact, whether between individuals, individuals and groups, and between groups, therefore human is referred as social creature. The essence of human beings is basically social human consciousness itself on the status and the position of himself in his life, and how responsibilities and obligations in togetherness, with the essence of it creates a community that would be a container for the organization.
In an organization, communication will generate synergies through linking flow system and raise the performance between the inside from that organization. Climate and organizational culture can be formed due to communication within the organization. Childhood Cancer Care illustrates how organizational communication climate in their communities.
The purpose of this research is to determine organization communication climate in carrying out the functions and achieve community goals of Childhood Cancer Care in Dr. Moewardi Surakarta Hospital.
This research is a qualitative description observation. Methods of collecting data that used in this research are observation, interview, and documentation. The measures of data analysis are data reduction, presentation and conclusion.
Based on this research we can conclude that the values forming of the communication climate from Childhood Cancer Care overall are conducive. Each element of the organization strives to create good communication between ourselves and togetherness that is visible from these values.

×
Penulis Utama : Elisa Dwi Wulan Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211038
Tahun : 2015
Judul : Iklim Komunikasi Organisasi dalam Childhood Cancer Care (Studi Deskriptif Kualitatif Iklim Komunikasi Organisasi pada Komunitas Childhood Cancer Care di Rumah Sakit Dr.Moewardi Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2015
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D0211038-2015
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. H. Hamid Arifin, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.