Penulis Utama : Purwandari
NIM / NIP : S831402065
×

Tujuan penelitian: 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek 2) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah. 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kreativitas tinggi dan rendah 4) Mengetahui interaksi antara inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis. 5) Mengetahui ada tidaknya interaksi antara pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kreativitas 6) Mengetahui ada tidaknya interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas 7) Mengetahui adanya interaksi antara pendekatan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain faktorial 2x2x2 .Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Madiun tahun pelajaran 2014/ 2015. Sampel diperoleh dengan teknik random sapling terdiri dari 2 kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2. Pengumpulan data menggunakan teknik tes untuk hasil belajar kognitif, kemampuan berpikir kritis, dan kreativitas menggunakan Program teknik angket. Analisis data menggunakan program SPSS 17.
Hasil dari penelitian :1) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan Fobs = 12.208 > Fa = 4,02, 2) Ada perbedaan hasil belajar siswa antara kemampuan berpikir kritis tinggi dan rendah dengan Fobs = 7.826 > Fa = 4,02 3) Ada perbedaan hasil belajar siswa antara kreativitas tinggi dan rendah dengan Fobs = 7.600 > Fa = 4,02 4) Ada interaksi antara inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis dengan Fobs = 4.564 > Fa = 4,02. 5) Ada interaksi antara inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kreativitas dengan Fobs = 8.061 > Fa = 4,02. 6) Ada interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan kreativitas dengan Fobs = 8.910 > Fa = 4,02. 7) Ada interaksi antara inkuiri terbimbing menggunakan metode eksperimen dan metode proyek dengan kemampuan berpikir kritis dan kreativitas dengan Fobs = 5.122 > Fa = 4,02.
Kata kunci: Penelitian Eksperimen, Inkuiri Terbimbing Metode Eksperimen, Metode Proyek, Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas.

 

×
Penulis Utama : Purwandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831402065
Tahun : 2016
Judul : Pembelajaran fisika menggunakan inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan metode proyek ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kreativitas siswa (Pembelajaran Materi Fluida Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 4 Kota Madiun Tahun Pelajaran 2014/2015)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S.831402065-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd
2. Prof. Drs Cari. MA, M.Sc. PhD
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.