Penulis Utama : Hendri Ahmad Ukasah
NIM / NIP : K4612072
×

ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatakan pola gerak dasar lokomotor berlari, melompat dan berjingkat untuk anak tunagrahita dengan menggunakan model pembelajaran aktivitas fisik adaptif pada sisiwa kelas IV SDLB-CSetya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (IPK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan taip siklus terdidri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDLB-C Setya Darma Surakarta yang berjumlah 7 Siswa yang terdiri dari 3 siswa putera dan 4 siswa puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitaatif dengan presentase.
Dari hasil analisis diperoleh peningkatan yang signifikan dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus II. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pra siklus dari jumlah siswa 7 hanya 1 siswa yang tuntas dan 6 siswa tidak tuntas atau dengan presentase 14,28% siswa tuntas dan 85,68% siswa tidak tuntas. Kemudian hasil belajar yang ditunjukan siswa pada siklus I menunjukan peningkatan yang sangat signifikan yaitu 5 siswa atau sebesar 71,40% masuk tuntas. Pada siklus II peningkatan hasil belajar siswa yaitu 100% atau semua siswa masuk kategori tuntas.
Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakian moel pembelajaran aktivitas fisik adaptif dapat meningkatkan pola gerak dasar lokomotor pada siswa kelas IV SDLB-C Setya Darma Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Pola Gerak Dasar Lokomotor, Anak Tunagrahita, Model Pemebelajaran, Aktivitas Fisik Adaptif

×
Penulis Utama : Hendri Ahmad Ukasah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612072
Tahun : 2016
Judul : Upaya Meningkatkan Pola Gerak Dasar Lokomotor Menggunakan Model Pembelajaran Aktivitas Fisik Adaptif pada Anak Tunagrahita Kelas IV SDLB-C Setya Darma Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur.Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4612072-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs.Budhi Satyawan, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.