Penulis Utama : Nurintar Mawarni Hesti
NIM / NIP : K7112175
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian pecahan melalui penerapan metode Kumon berbantuan media visual pada siswa kelas V SD Negeri Bratan I No.71 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Bratan I No. 71 Surakarta yang berjumlah 37 siswa. Sumber data penelitian adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang mempunyai tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep perkalian dan pembagian pecahan. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata kelas nilai tes pemahaman konsep perkalian dan pembagian pecahan yaitu pada pratindakan nilai rata-rata kelas sebesar 63,95 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 32,4% kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata menjadi 69,86 dan ketuntasan klasikal sebesar 67,56%. Selanjutnya meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata menjadi 74,45 dan persentase ketuntasan klasikal 86,48%.
Simpulan penelitian ini yaitu penerapan Metode Kumon berbantuan Media Visual (KbMV) dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian dan pembagian pecahan pada siswa kelas V SD Negeri Bratan I No.71 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata kunci : pemahaman konsep, perkalian dan pembagian pecahan, metode kumon, media visual

 

×
Penulis Utama : Nurintar Mawarni Hesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112175
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan pemahaman konsep perkalian dan pembagian pecahan melalui penerapan metode kumon berbantuan media visual (kbmv) pada siswa kelas v sd negeri bratan i no.71 Surakarta tahun ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112175-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Lies Lestari,M.Pd
2. Drs. Sukarno, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.