Penulis Utama : Lilis Hidayati
NIM / NIP : D1513057
×

Tata Kearsipan adalah suatu cara atau sistem yang dipergunakan dalam proses penerimaan, pengumpulan, pemeliharaan, pengaturan, pengawasan, penyusunan dan penyimpanan arsip yang masih sering dipergunakan secara langsung dalam proses penyelenggaraan administrasi dan manajemen. Tujuan dari pengamatan ini adalah untuk mengetahui bagaimana Tata Kearsipan PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta. 
    Jenis pengamatan yang digunakan adalah diskriptif kualitatif yaitu untuk menggambarkan Tata Kearsipan mulai dari proses penerimaan dan pencatatan, penyimpanan, pemeliharaan, penemuan arsip kembali, penyusutan dan pemusnahan arsip yang dituangkan dalam bentuk kalimat-kalimat dan bentuk bagan sebagai pendukung dan berdasarkan fakta-fakta yang ada. Sumber data yang diperoleh dari informan, lokasi, benda dan arsip. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Serta teknik analisis data menggunakan metode analisis interaktif yang meliputi empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan simpulan dan verifikasi.
Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa Tata Kearsipan PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta meliputi 5 langkah kegiatan yaitu penerimaan dan pencatatan, penyimpanan, pemeliharaan, penemuan arsip kembali, penyusutan dan pemusnahan arsip. Dalam pelaksanaan kegiatan Tata Kearsipan tersebut menggunakan asas sentralisasi dengan sistem subyek. Pemeliharaan arsip dilakukan dengan baik, PT. Angkasa Pura I sudah memiliki ruang arsip sendiri dan terpisah dengan ruang kerja lainnya untuk menjaga kebersihan. Penyusutan arsip dilakukan pada arsip inaktif yang masa simpannya 5 tahun tahun. Peralatan yang digunakan PT. Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Adi Soemarmo Surakarta sudah cukup baik.

Kata kunci: Arsip, Tata Kearsipan

 

×
Penulis Utama : Lilis Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1513057
Tahun : 2016
Judul : Tata kearsipan pt angkasa pura i (persero) kantor cabang bandar udara Adi Soemarmo Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. D III Manajemen Administrasi-D.1513057-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Endang Martini S.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.