Penulis Utama : Merri Febriana
NIM / NIP : K8412048
×

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) “angka” dalam instagram dapat menunjukan eksistensi dikalangan peserta didik SMA Negeri 4 Surakarta; (2) “angka” dalam instagram dapat mempengaruhi pola perilaku di kalangan peserta didik SMA Negeri 4 Surakarta.
Informan yang dipilih adalah 9 siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Surakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis fenomenologi. Data primer dikumpulkan melalui teknik dokumentasi menggunakan screenshoot terhadap akun media sosial instagram milik peserta didik. Sementara data sekunder diperoleh dengan wawancara terhadap informan. Uji validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi metode. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) “Angka” adalah jumlah followers dan like yang diperoleh seseorang dalam akun media sosial instagram. Dalam penelitian ini, “angka” dapat menunjukan eksistensi peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peserta didik yang berlomba-lomba untuk mendapatkan banyak “angka”. Oleh karena itu, semakin banyak “angka” yang diperoleh seseorang, maka ia akan semakin populer; (2) “Angka” tidak hanya mampu menunjukan eksistensi para peserta didik, namun “angka” juga dapat mempengaruhi pola perilaku para peserta didik. Hal ini ditunjukan dengan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik agar dirinya terlihat eksis diantaranya dengan menyelenggarakan pesta ulang tahun di hotel-hotel berbintang, berwisata ke tempat-tempat berkelas seperti resort dan kapal pesiar mewah, serta tempat-tempat yang tengah populer saat itu hanya sekedar untuk berfoto. Dengan demikian, “angka” menjadikan peserta didik untuk memiliki gaya hidup yang hedonis dan konsumtif.
Kata Kunci : Hiperrealitas, Media Sosial, Instagram

 

×
Penulis Utama : Merri Febriana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412048
Tahun : 2016
Judul : Hiperrealitas “angka” dalam instagram (studi fenomenologi tentang dampak media sosial dikalangan peserta didik sma negeri 4 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sosiologi-Antropologi-K.8412048-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Atik Catur Budiati, S.Sos, MA
2. Dr. Zaini Rohmad, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.