Penulis Utama : Maulana Alfajri
NIM / NIP : K2513088
×

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan telah melahirkan model pembelajaran dengan pemanfaatan media sosial facebook dan dengan pembelajaran tatap muka dikelas dan jarak jauh dengan menggunakan media yang disebut e-learning. Pembelajaran dengan menggunakan e-learning pada penelitian ini menggunakan  facebook.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  minat belajar  dan  hasil  belajar  siswa  kelas X TMB SMK  Negeri  5  Surakarta  tahun ajaran 2016/2017 pada mata pelajaran gambar teknik materi gambar proyeksi.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan, pengamatan, dan tahap refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar, lembar observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan minat dan hasil belajar kemampuan kognitif siswa.
Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata persentase observasi minat belajar siswa 31,26% pada prasiklus, 54,31% pada siklus I, dan 82,43% pada siklus II; persentase ketuntasan hasil belajar pada pra siklus 43,75%, siklus I 68,75% dan siklus II 81,25%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran dengan pemanfaatan media sosial facebook dan dengan pembelajaran tatap muka dikelas dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X TMB SMK Negeri 5 Surakarta pada Mata Pelajaran Gambar Teknik.

Kata    kunci:    Minat belajar, hasil belajar, media sosial, facebook, pembelajaran tatap muka

×
Penulis Utama : Maulana Alfajri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2513088
Tahun : 2017
Judul : Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dengan pemanfaatan media sosial network facebook dan pendekatan pembelajaran tatap muka dikelas pada mata pelajaran gambar teknik kelas X TMB SMK Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K2513088-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Indah widiastuti ST, M,Eng
2. Ngatou Rohman S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.