Penulis Utama : Erika Dias Wigianti
NIM / NIP : K7414019
×

Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah: 1) untuk memperoleh bukti empiris apakah model pembelajaran kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media ludo dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik; dan 2) untuk memperoleh bukti empiris apakah model pembelajaran kooperatif  tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu media ludo dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Surakarta.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, tiap dari siklus terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X-2 Akuntansi SMK Negeri 3 Surakarta yang terdiri dari 36 anak. Sumber data berasal dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara, observasi dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi data atau sumber data. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif dan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media ludo dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perbankan dasar. Peningkatan terjadi dari pra tindakan ke siklus I meskipun belum secara optimal, dengan persentase aktivitas belajar mencapai 64,03% dan hasil belajar meningkat menjadi 66,67%. Pelaksanaan pada siklus II mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melampaui terget ketercapaian yaitu aktivitas belajar mencapai 80,42% dan hasil belajar menjadi 97,22%. Simpulan dari penelitian ini adalah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media ludo dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar perbankan dasar peserta didik kelas X-2 Akuntansi SMK Negeri 3 Surakarta.

 

×
Penulis Utama : Erika Dias Wigianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7414019
Tahun : 2018
Judul : Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Media Ludo untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Perbankan Dasar Peserta Didik Kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7414019-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ngadiman, M.Si.
2. Dini Octoria, S.Pd., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.