Penulis Utama : Septiyan Ulin Ni’am
NIM / NIP : S441108011
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) perbedaan ketrampilan menulis pengalaman pribadi siswa antara yang diajar dengan pendekatan quantum learning dan pendekatan pembelajaran ekspositori; 2) perbedaan ketrampilan menulis pengalaman pribadi siswa ditinjau dari penguasaan unggah-ungguh Bahasa Jawa antara siswa yang penguasaan unggah-ungguh Bahasa Jawa tinggi dengan siswa yang penguasaan unggah-ungguh Bahasa Jawa rendah melalui pembelajaran pendekatan quantum learning dengan pendekatan pembajaran ekspositori; dan 3) Interaksi pengaruh pendekatan pembelajaran dan penguasaan Unggah-ungguh Bahasa Jawa terhadap ketrampilan menulis pengalaman pribadi.
Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen, dilaksanakan pada bulan januari-oktober 2015 dengan pendekatan quantum learning dan pendekatan pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian siswa kelas VII MTs se-Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian sebanyak empat kelompok yaitu kelas MTs NU Ungaran dua kelas dan MTs Al-Uswah Bregas dua kelas di ambil secara acak (claster random sampling). Data analisis dengan ANAVA dua jalan dengan desain faktorial 2x2. Uji normalitas dengan teknik Lilliefors dan uji homogenitas dengan teknik Bartlett.
Hasil perhitungan analisis varians dua jalur mengemukakan bahwa : (1) hasil perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 35.00, sedangkan Ftabel sebesar 3.069 pada taraf signifikansi Alpha (a) = 0.05. Jadi Fhitung > Ftabel. Artinya, terdapat perbedaan antara ketrampilan menulis siswa yang diajarkan dengan pendekatan quantum learning dengan siswa yang diajarkan dengan pendekatan pembelajaran ekspositori; (2) hasil perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 14.54, sedangkan Ftabel sebesar 3.069 pada taraf signifikansi Alpha (a) = 0.05. Jadi F hitung>F tabel. Artinya, terdapat perbedaan antara ketrampilan menulis pengalaman pribadi siswa dalam Unggah-ungguh Bahasa Jawa penguasaan tinggi dengan siswa yang diajarkan dalam Unggah-ungguh Bahasa Jawa penguasaan rendah; dan (3) Hasil perhitungan diperoleh Fhitung sebesar 0.03 yang dibandingkan dengan Ftabel sebesar 3.069 pada taraf signifikan Alpha (a) = 0.05. diketahui bahwa Fhitung < Ftabel. Dengan demikian, hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa interaksi pengaruh pendekatan pembelajaran dan penguasaan Unggah-ungguh Bahasa Jawa terhadap ketrampilan menulis tidak teruji kebenarannya.
Kata Kunci : Quantum learning, unggah-ungguh bahasa jawa, dan pengalaman pribadi.

 

×
Penulis Utama : Septiyan Ulin Ni’am
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441108011
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh pendekatan quantum learning terhadap keterampilan menulis pengalaman pribadi ditinjau dari penguasaan unggah-ungguh bahasa jawa (Studi Eksperimen di Madrasah Tsanawiyah Se-Kabupaten Semarang)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S.441108011-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd
2. Prof. Sahid T.W., S.S, M.Hum., Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.