Penulis Utama : Ari Murwanti
NIM / NIP : K4212008
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara: (1) penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan keterampilan menulis dialog sesuai unggah-ungguh, (2) minat menulis dan keterampilan menulis dialog sesuai unggah-ungguh, serta (3) penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan minat menulis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis dialog sesuai unggah-ungguh.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kartasura. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan strategi survei melalui studi korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kartasura, sedangkan sampelnya berjumlah 72 siswa yang dijaring menggunakan teknik multiple stage random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes keterampilan menulis dialog sesuai unggah-ungguh, tes penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa, dan angket minat menulis. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi (sederhana, ganda) dan korelasi (sederhana, ganda).
Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan keterampilan menulis dialog sesuai unggah-ungguh, dengan perolehan rx1y= 0,23, melalui garis regresi linear sederhana Y= 72,25 + 0,48 X1. Hasil uji t menunjukkan thitung = 2,02 > ttab= 1,67, sehingga dinyatakan signifikan; (2) ada hubungan positif antara minat menulis dan keterampilan menulis dialog sesuai unggah-ungguh, dengan rx2y = 0,27, melalui garis regresi linear sederhana Y= 56,63 + 0,17 X2. Hasil uji t menunjukkan thitung = 2,37 > ttab = 1,67, sehingga dinyatakan signifikan; dan (3) ada hubungan positif antara penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan minat menulis secara bersama-sama dengan keterampilan menulis dialog sesuai unggah-ungguh, dengan perolehan Ry12= 0,36, melalui garis regresi linear ganda Y = 48,96 + 0,49X1 + 0,17 X2. Hasil uji F menunujukkan bahwa Fhitung = 19,41 > Ftab = 4,92, sehingga dinyatakan signifikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis dialog sesuai unggah-ungguh ditentukan oleh penguasaan tingkat tutur bahasa Jawa dan minat menulis. Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis dialog sesuai unggah-ungguh, disarankan guru untuk memperhatikan aspek penguasan tingkat tutur bahasa Jawa dan minat menulis siswa.
Kata Kunci: Keterampilan Menulis Dialog Sesuai Unggah-ungguh, Penguasaan Tingkat Tutur Bahasa Jawa, Minat Menulis

 

×
Penulis Utama : Ari Murwanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4212008
Tahun : 2016
Judul : Hubungan antara penguasaan tingkat tutur bahasa jawa dan minat menulis dengan keterampilan menulis dialog sesuai unggah-ungguh siswa kelas vii smp negeri 1 Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K.4212008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budhi Setiawan M.Pd
2. Kenfitria Diah Wijayanti S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.