Penulis Utama : Anita Chaerunisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1115006
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Metode Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa D Iii Kebidanan Stikes Aisyiyah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. Kedokteran Prog. DIV Bidan Pendidik - R1115006 - 2016
Subyek : METODE PEMBELAJARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Latar Belakang: Metode pembelajaran adalah teknik yang digunakan untuk menyampaikan materi kepada peserta didik, diantara macamnya adalah problem based learning dan ceramah. Guna mengetahui kemampuan peserta didik setelah pembelajaran diperlukan evaluasi belajar berupa hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan metode pembelajaran problem based learning dan ceramah terhadap hasil belajar mahasiswa D III Kebidanan STIKES Aisyiyah Surakarta.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi dengan rancangan penelitian the non-equivalent control group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik semester IV STIKES Aisyiyah Surakarta berjumlah 89 peserta didik. Teknik sampling menggunakan total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan Independent T-Test.
Hasil: Rerata nilai pada kelas problem based learning adalah 82,04 (Sangat baik), sedangkan rerata nilai pada kelas ceramah adalah 73,91 (Baik). Hasil analisis test nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat perbedaan metode pembelajaran problem based learning dan ceramah terhadap hasil belajar mahasiswa D III Kebidanan STIKES Aisyiyah Surakarta
Simpulan: Terdapat perbedaan hasil belajar mahasiswa D III Kebidanan dengan hasil belajar yang lebih baik pada metode problem based learning dibandingkan dengan metode ceramah.


Kata Kunci : metode pembelajaran, problem based learning, ceramah, hasil belajar.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc1.pdf
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
bab 6.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Mujahidatul M, S.Kes, Ns, M.Si, Med.
2. Ika Sumiyarsi S, S.SiT, M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran