Penulis Utama : Deasy Nur Wulandari
NIM / NIP : M3513016
×

ABSTRAK

Pneumonia merupakan salah satu penyakit infeksi saluran pernafasan yang banyak menjadi penyebab kematian terutama di negara berkembang. Ceftriaxone merupakan antibiotik yang banyak digunakan untuk mengobati pneumonia. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat menyebabkan pengobatan kurang efektif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan antibiotik ceftriaxone pada pasien pneumonia dewasa di Instalasi Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi tahun 2014 – 2015.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian observasional dengan pengambilan data secara retrospektif cohort. Sampel diperoleh menggunakan metode purposive sampling pada pasien dengan diagnosa pneumonia tanpa disertai penyakit infeksi lain, 18 – 65 tahun, mendapatkan terapi antibiotik ≥ 3 hari, memiliki data rekam medik yang lengkap, meliputi : identitas pasien, diagnosa, terapi pengobatan, kondisi klinis dan nilai laboratorium. Analisis data menggunakan analisis statistik uji t-test berpasangan untuk mengetahui efektivitas penggunaan ceftriaxone berdasarkan parameter kondisi klinis dan kadar leukosit.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 54 kasus pneumonia, 55,55% pasien laki-laki dan 44,45% pasien perempuan dengan kejadian paling banyak pada usia 56-65 tahun 38,89%. Antibiotik ceftriaxone yang digunakan tunggal sebanyak 34,48% dan kombinasi obat yang paling banyak digunakan antara ceftriaxone dengan azitromicyn 13,79%. Penggunaan antibiotik ceftriaxone pada pasien pneumonia di RSUD Dr. Moewardi Surakarta tahun 2014-2015 sudah efektif, hal ini berdasarkan parameter kondisi klinis dan leukosit yang didukung dengan uji t berpasangan dengan signifikansi (p = 0.000) dengan taraf kepercayaan 95%.


Kata kunci : efektivitas, antibiotik, ceftriaxone, pneumonia, pasien dewasa

×
Penulis Utama : Deasy Nur Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3513016
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Penggunaan Antibiotik Ceftriaxone Pada Pasien Pneumonia Dewasa Di Instalasi Rawat Inap Rsud Dr. Moewardi Surakarta Tahun 2014 - 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2016
Program Studi : D-3 Farmasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak. MIPA Prog. Diploma III Farmasi - M3513016 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Farida, S.Farm, M.Sc, Apt
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.