Penulis Utama : Zakky Zainudin
NIM / NIP : D1214081
×

Sejak 2005, Republik Indonesia memulai era baru pesta demokrasi yaitu dengan dilaksanakannya Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) secara langsung. Mulai saat itu masyarakat Indonesia dapat menentukan sendiri siapa yang akan menjadi pemimpin daerahnya selama lima tahun masa pemerintahan. Strategi penyampaian pesan terkait isu kampanye kepada masyarakat sangatlah penting. Melalui kampanye tim pemenangan mampu mempengaruhi masyarakat dengan memaparkan isu program-programnya sebagai pesan, untuk itu strategi dan isu yang dirancang haruslah tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam bagaimanakah strategi penyampaian pesan yaitu isu program oleh tim pemenangan calon pasangan Bupati dan Wakil Bupati Seno Samodro dan Said Hidayat dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kabupaten Boyolali 2016, apa sajakah isu yang disampaikan, dan bagaimana penilaian masyarakat pemilih terhadap isu tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran dan pemahaman mengenai bagaimana dan mengapa suatu realitas komunikasi terjadi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa strategi penyampaian pesan yang diterapkan oleh tim pemenangan adalah dengan menyampaikan isu kampanye terkait program-program yang ditawarkan oleh pasangan calon kepala daerah. Isu kampanye tersebut meliputi program Boyolali pro investasi, program peningkatan infrastruktur, program pendidikan, program kesehatan, dan program pengentasan kemiskinan. Dengan strategi penyampaian pesan terkait isu platform program tersebut dapat merubah penilaian masyarakat terhadap calon pasangan kepala daerah. Dengan demikian perolehan suara pasangan calon tersebut dapat mencapai jumlah yang tinggi, dan memenangkannya dalam perebutan kursi kepala daerah.
Kata kunci : isu kampanye, strategi penyampaian pesan, penilaian masyarakat.

 

×
Penulis Utama : Zakky Zainudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214081
Tahun : 2016
Judul : Isu kampanye dan penilaian masyarakat pada pemilihan umum kepala daerah (Studi Kualitatif tentang Isu Kampanye yang diangkat oleh Tim Pemenangan Pasangan Seno Samodro - Said Hidayat pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Boyolali Tahun 2015 dan Penilaian Masyarakat Pemilih)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1214081-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diah Kusumawati, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.