Penulis Utama : Dian Ratri Rahayu
NIM / NIP : K7112060
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) pada siswa kelas II SD Negeri Carangan No. 22 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Carangan No. 22 Surakarta yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif dari Miles & Huberman (Sugiyono, 2013: 337) yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Uji validitas penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa meningkat melalui penggunaan model pembelajaran RME. Dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai kemampuan menyelesaikan soal cerita dan persentase ketuntasan siswa. Nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa sebelum tindakan hanya 62,35 dengan persentase ketuntasan 30%. Nilai rata-rata setelah diberi tindakan pada siklus I 66 dengan persentase ketuntasan 45%, dan siklus II 88,3 dengan persentase ketuntasan 90%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita siswa kelas II SD Negeri Carangan No. 22 surakarta Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME), kemampuan menyelesaikan soal cerita

 

×
Penulis Utama : Dian Ratri Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112060
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita melalui model pembelajaran realistic mathematics education (rme) (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas II SD Negeri Carangan NO. 22 Surakarta tahun ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112060-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kuswadi, M. Ag.
2. Drs. M. Shaifuddin, M. Pd., M. Sn
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.