Penulis Utama : Venny Noermalita Sari
NIM / NIP : K7114184
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa kelas V SD Negeri Banyuagung 2 No. 159 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018.

Bentuk dari penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh peneliti sebanyak dua siklus. Setiap siklus yang dilaksanakan terdiri dari 2 pertemuan, dan tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V SD Negeri Banyuagung 2 No. 159 Surakarta tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi, triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif,  analisis kritis,  dan analisis  data  interaktif dari Miles  & Hubberman yang terdiri dari 4 komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa kemampuan  menyelesaikan soal cerita pada pecahan meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan sebelum tindakan hanya 62,4 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 28,9%. Nilai rata-rata kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan setelah diberi tindakan meningkat menjadi 77,2 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 66,7% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 86,4 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 92,9% pada siklus II.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan siswa kelas V SD Negeri Banyuagung 2 No. 159 Surakarta tahun ajaran 2017/2018.

Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, kemampuan menyelesaikan soal cerita pada pecahan.

×
Penulis Utama : Venny Noermalita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114184
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita pada Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V Sd Negeri Banyuagung 2 No. 159 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114184-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd,
2. Drs. M. Shaifuddin, M.Pd. M.Sn,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.