Penulis Utama : Reza Fachrudin Zuhdi
NIM / NIP : K7114144
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman cerita anak dengan menerapkan model pembelajaran think pair share pada siswa kelas V SD Negeri Karangasem 4 No.204 Surakarta tahun ajaran 2017/2018. Selain peningkatan keterampilan membaca pemahaman cerita anak, tujuan lainnya yaitu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan membaca pemahaman cerita anak, yang difokuskan pada aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung.

Bentuk dari penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan oleh peneliti sebanyak dua siklus. Setiap siklus yang dilaksanakan terdiri dari 2 pertemuan, dan tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Subjek dari penelitian ini yaitu guru dan  siswa  kelas  V  SD  Negeri Karangasem  4  No.204  Surakarta  tahun  ajaran 2017/2018 yang berjumlah 34 siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik deskriptif komparatif dan analisis data interaktif dari Miles &  Hubberman yang terdiri  dari 4  komponen,  yaitu  pengumpulan  data, penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat tarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman cerita anak siswa kelas V SD Negeri Karangasem 4 No.204 Surakarta tahun   ajaran   2017/2018.   Hal   tersebut   dapat   dibuktikan   dengan   adanya peningkatan  nilai keterampilan  membaca  pemahaman  cerita  anak  pada  setiap siklus yang dilaksanakan. Pada pratindakan nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman   cerita   anak   yang   diperoleh   siswa   sebesar   dengan   presentase ketuntasan klasikal sebesar . nilai rata-rata setelah tindakan pada siklus I adalah 73,01  atau  termasuk  kategori  cukup  terampil  dengan  presentase  ketuntasan klasikal sebesar 52,94% , dan pada siklus II rata-rata nilai sebesar 82,13 atau termasuk kategori terampil dengan presentase klasikal sebesar 82,35%.

Kata kunci : Model Pembelajaran Think Pair Share, keterampilan membaca pemahaman cerita anak.

×
Penulis Utama : Reza Fachrudin Zuhdi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7114144
Tahun : 2018
Judul : Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Cerita Anak melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Penelitian Tindakan Kelas pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 5 Sd Negeri Karangasem 4 No. 204 Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7114144-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum,
2. Drs. Kuswadi, M.Ag,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.