Penulis Utama : Eni Apriyanti
NIM / NIP : R0013045
×

Latar Belakang : Proses produksi di PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi mempunyai potensi bahaya misalnya kebakaran, maka diperlukan sistem pencegahan dan penanggulangan keadaan darurat yang efektif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran sistem pencegahan, penanggulangan dan tanggap darurat kebakaran guna mendukung terwujudnya CIPTA 2023 di area Metalik PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi Turen-Malang Jawa Timur.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode observasional deskriptif yaitu memberikan gambaran tentang sistem pencegahan, penanggulangan dan tanggap darurat kebakaran di area Metalik PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi Turen-Malang Jawa Timur. Analisis data menggunakan standar dan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang penanggulangan kebakaran di tempat kerja.
Hasil : Pada area Metalik terdapat bangunan gudang, perkantoran, bengkel, IPAL, masjid dan dapur/kantin. Potensi bahaya paling tinggi di area tersebut adalah kebakaran. Sistem pencegahan, penanggulangan dan tanggap darurat kebakaran yang meliputi manajemen penanggulangan kebakaran, sarana proteksi, dan program pemeriksaan dan pemeliharaan serta sarana penyelamatan jiwa di PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi Turen-Malang Jawa Timur sebagian besar telah memenuhi standar dan perundang-undangan yang berlaku tentang penanggulangan kebakaran di tempat kerja.
Simpulan : Sistem pencegahan, penanggulangan dan tanggap darurat kebakaran di area Metalik PT. Pindad (Persero) Divisi Munisi Turen-Malang Jawa Timur telah diterapkan, namun sebagian ada ketidaksesuaian untuk penyediaan sarana dan prasarana kebakaran masih kurang lengkap.
Kata Kunci : Pencegahan dan Penanggulangan, Tanggap Darurat, Kebakaran.

×
Penulis Utama : Eni Apriyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0013045
Tahun : 2016
Judul : Gambaran Sistem Pencegahan, Penanggulangan dan Tanggap Darurat Kebakaran Guna Mendukung Terwujudnya Cipta 2023 di Area Metalik PT. Pindad (PERSERO) Divisi Munisi Turen-Malang Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2016
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R.0013045-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono, S.KM., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.