Penulis Utama : Nurul Azmi
NIM / NIP : K3512051
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi English for Disability (EFORD) yaitu media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Android untuk siswa kelas VII Tunanetra SMPLB YKAB Surakarta dan mengetahui tingkat kelayakan aplikasi English for Disability (EFORD) berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, praktisi pembelajaran dan siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), langkah-langkah pengembangan aplikasi English for Disability (EFORD) dilakukan dalam beberapa tahap meliputi mencari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan uji coba produk. Perancangan aplikasi English for Disability (EFORD) berbasis Android untuk anak tunanetra melalui 5 tahap yaitu: (1) Analisis permasalahan, melalui observasi dan wawancara. (2) Mengumpulkan informasi sebagai bahan perencanaan produk/analisis kebutuhan media sesuai kebutuhan anak tunanetra. (3) Tahap desain produk berupa pembuatan alur peta navigasi dan storyboard. (4) Tahap validasi desain berupa penilaian dari ahli terhadap media yang dikembangkan. (5) Tahap uji coba produk berupa penilaian aplikasi oleh siswa tunanetra.
Penelitian ini menghasilkan aplikasi EFORD yang layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris dengan tingkat kelayakan media EFORD ini berdasarkan penilaian: 1) Ahli media diperoleh persentase skor 95% termasuk dalam kategori “ Sangat Layak”, 2)Ahli materi, diperoleh persentase skor 75%, termasuk dalam kategori “Layak” dan 3) Praktisi pembelajaran, diperoleh persentase skor 83%, termasuk kategori “Sangat Layak”. Respon siswa terhadap media ini menunjukan respon positif dengan mendapatkan persentase ≥ 70% pada setiap indikatornya. Oleh karena itu, media pembelajaran bahasa Inggris dengan aplikasi EFORD berbasis Android ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris pada materi grammar dan speaking english untuk siswa tunanetra kelas VII SMPLB YKAB Surakarta.
Kata Kunci : media pembelajaran, aplikasi mobile, Android

×
Penulis Utama : Nurul Azmi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3512051
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android, “English for Disability” pada Materi Grammar & Speaking English Untuk Siswa Kelas VII Tunanetra SMPLB YKAB Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K.3512051-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dwi Maryono, S.Si., M.Kom
2. Rosihan Ari Yuana, S.Si., M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.