Penulis Utama : Fajar Anwar Dani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413062
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Aplikasi Mobile Kamus Akuntansi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Akuntansi di SMK Negeri 1 Banyudono
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Akuntansi-K7413062-2018
Subyek : APLIKASI, KAMUS, ANDROID, MEDIA PEMBELAJARAN, PRESTASI BELAJAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memperoleh data empiric tentang sumber belajar yang digunakan pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 1 Banyudono sebelum pengembangan, (2) Mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Mobile Kamus Akuntansi, (3) Menguji kelayakan dan keefektifan aplikasi Mobile Kamus Akuntansi berbasis Android yang dikembangkan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 1 Banyudono.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research & Development) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, analisis dokumen, observasi, angket validasi, angket penilaian siswa, dan tes. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi, ahli media, praktisi akuntansi, dan seluruh siswa kelas X AK di SMK Negeri 1 Banyudono. Efektivitas aplikasi Mobile Kamus Akuntansi dianalisis dengan membandingkan nilai post-test kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan Independent Samples T-Test. Selain itu, juga dianalisis menggunakan Paired Samples T-Test dengan membandingkan nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Sumber belajar yang digunakan sebelum penelitian pengembangan yaitu buku pegangan/modul tidak membahas secara rinci materi nama akun dan pengertiannya. (2) Model pengembangan ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu: Analyze, melakukan analisis permasalahan sebagai dasar melakukan pengembangan; Design, merancang aplikasi yang akan dikembangkan; Develop, melakukan pengembangan aplikasi Mobile Kamus Akuntansi berdasarkan rancangan yang telah dibuat; Implement, melakukan pengujian kelayakan terhadap aplikasi Mobile Kamus Akuntansi; dan Evaluate untuk menguji keefektifan aplikasi Mobile Kamus Akuntansi terhadap prestasi belajar siswa. 3) Aplikasi Mobile Kamus Akuntansi sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan rata-rata persentase sebesar 87%. Aplikasi Mobile Kamus Akuntansi efektif untuk meningkatkan prestasi belajar para siswa. Hal ini diperoleh berdasarkan pada Independent Samples T-Test mendapat nilai signifikansi 0,019 < 0>.

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ngadiman, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP