Penulis Utama : Krismajoli Dwi Pamuladsih
NIM / NIP : S042008007
×

Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi Salat yang dipakai saat ini; 2) mengembangkan media E-ibadah berbasis aplikasi android yang layak pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar anak tunagrahita; 3) menganalisis keefektifan media E-ibadah berbasis aplikasi android pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar anak tunagrahita.

Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D)) dengan model ADDIE dengan 5 langkah pengembangan yaitu:  analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket dan tes. Metode wawancara dilakukan untuk mengetahui pembelajaran pendidikan agama islam yang dipakai saat ini dan kebutuhan guru terhadap pengembangan media. Metode angket untuk mengetahui kelayakan media menurut ahli. Metode tes untuk mengetahui hasil nilai pre-test dan post-test. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon sign rank test.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses belajar mengajar secara konvensional pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi gerakan dan bacaan Salat dinilai sangat membosankan bagi kebanyakan siswa. Guru membutuhkan adanya media pembelajaran yang aktif dan menyenangkan yang dapat menarik siswa dalam proses belajar; 2) media E-Ibadah berbasis aplikasi Android ini dikembangkan menggunakan model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahapan yaitu analysis (analisis), design (desain/rancangan), development (pengembangan), implementation (pelaksanaan), dan evaluation (evaluasi). Setelah produk jadi kemudian dilakukan validasi ahli dengan hasil penilaian ahli menunjukkan bahwa media E-Ibadah sangat layak digunakan; 3) hasil uji keefektifan produk menunjukkan bahwa aplikasi E-Ibadah berbasis aplikasi android terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar anak tunagrahita. 

×
Penulis Utama : Krismajoli Dwi Pamuladsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S042008007
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Media E-Ibadah Berbasis Aplikasi Android Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Anak Tunagrahita
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Luar Biasa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Aplikasi Android, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Anak Tunagrahita.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sunardi, M.Sc.
2. Dr. Joko Yuwono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.