Penulis Utama : Suci Juniarto
NIM / NIP : S850908021
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan media komputer, NHT, atau model pembelajaran konvensional, 2) manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi, sedang, atau rendah, 3) pada masing-masing model pembelajaran, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang, atau rendah, 4) pada masing-masing kategori kreativitas belajar, manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan media komputer, NHT, atau pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP/MTs Muhammadiyah Se-Kota Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 1, SMP Muhammadiyah 4, dan SMP Muhammadiyah 7 yang diambil secara stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes prestasi belajar matematika, instrumen angket kreativitas belajar siswa. Validitas instrumen tes dan angket dilakukan oleh validator, reliabilitas tes diuji dengan rumus KR-20 dan reliabilitas angket diuji dengan rumus Alpha. Uji prasyarat yang digunakan uji normalitas, uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama.
Dari hasil analisis disimpulkan bahwa : 1) prestasi belajar matematika siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan media komputer lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif NHT dan konvensional, siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif NHT mempunyai prestasi belajar matematika lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran konvensional, 2) prestasi belajar matematika siswa dengan kreativitas belajar tinggi lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar sedang dan rendah, prestasi belajar matematika siswa dengan kreativitas belajar sedang lebih baik daripada siswa dengan kreativitas belajar rendah, 3) pada model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan media komputer, prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas belajar tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah, siswa yang memiliki
xvi
kreativitas belajar tinggi memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang, dan siswa yang memiliki kreativitas belajar sedang memiliki prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki kreativitas belajar rendah. Pada model pembelajaran kooperatif NHT dan model pembelajaran konvensional, siswa dengan kreativitas belajar tinggi, sedang, dan rendah memiliki prestasi belajar matematika yang sama baiknya, 4) Pada siswa dengan kreativitas belajar tinggi, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan media komputer memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang dikenai model pembelajaran konvensional, Siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif NHT memiliki prestasi belajar matematika sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran konvensional, dan siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan media komputer memiliki prestasi belajar matematika yang sama baiknya dengan siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif NHT. Siswa dengan kreativitas belajar sedang dan rendah memiliki prestasi belajar yang sama antara siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan media komputer, NHT, dan model pembelajaran konvensional pada bangun ruang sisi datar.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Numbered Heads Together (NHT) , Media Komputer, Pembelajaran Konvensional, Kreativitas Belajar, Prestasi Belajar Matematika.

×
Penulis Utama : Suci Juniarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S850908021
Tahun : 2016
Judul : Eksperimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Menggunakan Media Komputer Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Belajar Siswa (Penelitian Dilakukan di SMP/MTs Muhammadiyah di Surakarta Kelas VIII Tahun Pelajaran 2011/2012)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Pendidikan Matematika-S.850908021-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mardiyana, M.Si.
2. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.