Penulis Utama : Gabriela Grace Ivana
NIM / NIP : F0112044
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ekspor, penerimaan pariwisata, dan nilai tukar terhadap pertumbuhan ekonomi di lima negara anggota ASEAN (Association of South East Asian Nation) yaitu, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina periode tahun 1995-2014. Dengan dilaksanakannya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) yang dilakukan pada tahun 2015, maka negara-negara ASEAN harus mempersiapkan diri menanggapi persaingan antar negara anggota ASEAN untuk mencapai kesejahteraan sosial melalui peningkatan perekonomian. Oleh karena itu perlu adanya peningkatan produktivitas dalam negeri serta berbagai kebijakan yang sifatnya substansial untuk mendasari adanya perdagangan internasional.

Penelitian ini menggunakan analisis data panel dengan model regresi yang digunakan adalah Fixed Effectdan metode yang digunakan adalah Generalized Least Square. Penggunaan metode tersebut disebabkan karena munculnya gejala autokorelasi pada uji asumsi klasik. Sedangkan uji statistik yang digunakan adalah uji koefisien parsial, stimulant dan koefisien determinasi.

Penelitian ini menunjukan hasil bahwa ekspor dan penerimaan pariwisata memiliki hubungan yang positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Sedangkan nilai tukar tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.

Dalam kasus ini, pemerintah dapat membuat kebijakan substansial yang dapat membuat produktivitas komoditas ekspor meningkat. Selain itu, pembenahan sektor pariwisata sebagai sektor alternatif dapat dilakukan dengan mendorong pemerintah daerah untuk melakukan pengembangan pariwisata. Serta menjaga kestabilan nilai tukar dengan mengatur instrument kebijakan moneter dengan sebaik-baiknya.

 Kata Kunci : Ekspor, Penerimaan Pariwisata, Nilai Tukar, Pertumbuhan Ekonomi, ASEAN, Data Panel

×
Penulis Utama : Gabriela Grace Ivana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0112044
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Ekspor, Penerimaan Pariwisata dan Nilai Tukar Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Lima Negara Asean (Studi Kasus: Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina) Periode 1995-2014
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Jur. Ekonomi Pembangunan-F.0112044-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. BRM. Bambang Irawan, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.