Penulis Utama : Arianto Kurniawan
NIM / NIP : K7112029
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) pada siswa kelas V SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru kelas V, hasil observasi sikap ilmiah, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dapat meningkatkan sikap ilmiah. Hal ini dapat dilihat pada frekuensi siswa yang memiliki sikap ilmiah kategori sangat baik (81-100). Pada pratindakan sebanyak 2 siswa atau 10%, meningkat pada siklus I sebanyak 9 siswa atau 45%, meningkat pada sikluus II sebanyak 14 siswa atau 70%, dan meningkat lagi pada sikluus III sebanyak 18 siswa atau 90%.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) dapat meningkatkan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA siswa kelas V SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: model pembelajaran SETS, sikap ilmiah, pembelajaran IPA

×
Penulis Utama : Arianto Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112029
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, and Society (SETS) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah pada Pembelajaran IPA (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Gumpang 03 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112029-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Kartono, M. Pd.
2. Idam Ragil W. A., S. Pd., M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.