Penulis Utama : Trima Rahayu
NIM / NIP : K7412176
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model Quantum Learning dengan metode Peta Pikiran (Mind Mapping) pada mata pelajaran ekonomi Kelas X Matematikan dan Sains 1 SMA N 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Matematika dan Sains 1 SMA N 5 Surakarta yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Quantum Learning dengan metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi di kelas X Matematika dan Sains I SMA N 5 Surakarta. Presentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan 48,56% dari 37,14% pada pra siklus, 74,30% pada siklus I, dan 85,70% pada siklus II. Selain itu nilai rata-rata juga mengalami peningkatan 14,9 %, dari 65,51 pada pra siklus, 76,1 pada siklus I dan 80,41 pada siklus II. Simpulan berdasarkan hasil penelitian adalah model Quantum Learning dengan metode Peta Pikiran (Mind Mapping) dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X Matematika dan Sains I SMA N 5 Surakarta.
Kata Kunci: Quantum Learning, Peta Pikiran, Hasil Belajar

×
Penulis Utama : Trima Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412176
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dengan Metode Peta Pikiran (Mind Mapping) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mempelajari Ekonomi Kelas X MIA 1 SMA N 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412176-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soetarno Joyoatmojo, M.Pd.
2. Dra. Sri Wahyuni, MM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.