Penulis Utama : Gisnita Siti Barokah
NIM / NIP : K7412082
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pengantar
Ekonomi dan Bisnis siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran
2016/2017 melalui penerapan model pembelajaran kuantum (Quantum Learning) berbasis multimedia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa XI Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data kualitatif yaitu observasi, wawancara, analisis dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data kuantitafif yaitu dengan penilaian. Teknik uji validitas data yang digunakan dalam  penelitian  ini  adalah  triangulasi,  penjenuhan  (saturation),  triangulasi dengan berbagai sumber, dan audit trail. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik statistic  deskriptif,  sedangkan  untuk  data  kualitatif  dianalisis  dengan  teknik analisis induktif. Prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulakan bahwa penerapan model pembelajaran kuantum berbasis multimedia dapat meningkatkan hasil belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Surakarta. Hal tersebut terbukti dari hasil belajar yang siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklus penelitian, yaitu baik dari aspek sikap, pengtahuan, maupun keterampilan.  Ketercapaian  aspek  sikap  siswa  dalam  mengikuti  pembelajaran pada pada siklus I mencapai 75%, dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 85,71%. Aspek pengetahuan Pengantar Ekonomi dan Bisnis siswa diperoleh dari hasil tes dan kuis individu. Ketercapaian hasil tes pada siklus I sebesar 60,71%, dan mengalami peningkatan di siklus ke II menjadi 82,14%. Hasil kuis individu pada siklus I sebesar 57,14%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,71%. Aspek keterampilan ditinjau dari hasil kinerja siswa dalam pembelajaran dan dari hasil portofolio siswa. Hasil kinerja pada siklus I mencapai 78,57%, hasil tersebut mengalami peningkatan menjadi 85,71% pada siklus II. Hasil portofolio pada siklus I mencapai 67,86%, dan mengalami peningkatan  pada  siklus  II menjadi  82,14%.  Ketercapaian  hasil  belajar  siswa secara keseluruhan  pada  siklus  I adalah 53,57%,  dan  mengalami  peningkatan sebesar 25% pada siklus II yaitu menjadadi 78,57%.

Kata Kunci : model pembelajaran kuantum, multimedia, hasil belajar Pengantar
Ekonomi dan Bisnis.

 

×
Penulis Utama : Gisnita Siti Barokah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412082
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Kuantum (Quantum Learning) Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis Siswa Kelas Xi di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K7412082-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Baedhowi, M. Si.
2. Jonet Ariyanto Nugroho, SE., MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.