Penulis Utama : Yusuf Teja Ismaya
NIM / NIP : S991908011
×

Yusuf Teja Ismaya. 2023. Pengembangan Model Pembelajaran  Contextual Teaching and Learning berbasis Multimedia Kit untuk Meningkatkan Hasil Belajar  Peserta Didik Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan di Surakarta. Tesis. Pembimbing: Prof. Dr. Trisno Martono. MM. Kopembimbing: Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si. CFrA. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan Model Contextual Teaching and Learning berbasis Multimedia Kit yang layak untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik jurusan bisnis daring dan pemasaran. 2) Mengukur efektivitas Model Contextual Teaching and Learning berbasis Multimedia Kit untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik jurusan bisnis daring dan pemasaran.

     Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur dari Borg and Gall dikutip dari Sugiyono terdiri dari 10 tahapan yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian; 9) revisi produk; 10) produksi massal. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kelayakan  dengan menggunakan uji pakar dan analisis efektivitas menggunakan uji t dan uji N-Gain Score.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: 1) Model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis multimedia kit yang dikembangkan sangat layak dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penilaian validator secara keseluruhan, yaitu validator model berbasis multimedia sebesar 93% dan validator materi sebesar 90% sehingga dinyatakan sangat layak. Peningkatan hasil belajar terlihat dari nilai N-Gain di kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. 2) Pengembangan Model Contextual Teaching and Learning berbasis Multimedia Kit sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik hal ini dapat dilihat melalui hasil perolehan uji t. Berdasarkan keseluruhan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil uji t kurang dari 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan pembelajaran. Keterbaruan penelitian ini adalah mengembangkan Model CTL yang berbasis Multimedia Kit mata pelajaran bisnis online untuk peserta didik SMK bidang keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran.

    

           

×
Penulis Utama : Yusuf Teja Ismaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991908011
Tahun : 2023
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning berbasis Multimedia Kit untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran Sekolah Menengah Kejuruan di Surakarta
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : multimedia kit, model pembelajaran contextual teaching and learing, hasil belajar
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Trisno Martono, M.M
2. Dr. E. Muhtar, S.Pd., M.Si. CFrA
Penguji : 1. Dr. Kristiani, M.Si
2. Feri Setyowibowo, S.E., M.M. PhD
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.