Penulis Utama : Abdul Hadi
NIM / NIP : D1213001
×

Penerbitan sebuah media internal atau in-house journal dalam sebuah organisasi merupakan contoh bentuk kegiatan komunikasi internal dalam organisasi yang harus dilakukan dengan efektif. Diperlukan adanya indikator yang mampu mengukur penggunaan media internal tersebut efektif atau tidak. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah adanya efektivitas dalam penggunaan media internal di Otoritas Jasa Keuangan, Jakarta.

Penelitian ini menggunakan konsep-konsep Public Relations, komunikasi organisasi dan efektivitas komunikasi. Dengan menggunakan definisi efektivitas komunikasi media yang terdiri dari pemakai, isi, ketepatan waktu, media komunikasi, format media, dan sumber.

Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian dan pendekatan ini dipilih karena penelitian ini hanya bertujuan untuk menggambarkan keadaan gejala sosial apa adanya, tanpa melihat hubungan-hubungan yang ada. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. yang menjadi populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap Otoritas Jasa Keuangan Pusat berjumlah 3.467 orang. Dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan sampel sebanyak 40 orang yang dibagi dengan menggunakan stratified random sampling sebagai responden dalam penelitian ini. Pada penelitian kuantitatif, pengolahan data secara umum dilaksanakan dengan melalui tahap memeriksa (editing), proses pemberian identitas (coding), dan proses pembeberan (tabulating).

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penentu efektivitas suatu kegiatan komunikasi antara lain meliputi pemakai, isi, ketepatan waktu, media komunikasi, format media, dan sumber telah terpenuhi oleh Majalah Integrasi.

Kata Kunci: Efektivitas, Majalah Integrasi, Komunikasi Organisasi, Hubungan

                    Masyarakat

 

×
Penulis Utama : Abdul Hadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1213001
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Penggunaan Media Internal Otoritas Jasa Keuangan (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Efektivitas Media Internal Majalah Integrasi sebagai Media Komunikasi antar Karyawan Otoritas Jasa Keuangan Tahun 2015 di Jakarta,)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.1213001-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nora Nailul Amal, S.Sos., M.LMED, Hons
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.