Penulis Utama : Aprilya Ika Palupi
NIM / NIP : K7411021
×

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Karanganyar dalam mata pelajaran pengantar akuntansi melalui penerapan model quantum learning dengan teknik picture and picture tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah, antara lain perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Karanganyar yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, observasi, tes dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas siswa, angket digunakan untuk mengumpulkan data kenaikan motivasi belajar siswa, tes formatif digunakan untuk mengumpulkan data peningkatan hasil belajar siswa, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data motivasi dan hasil belajar siswa sebelum penelitian ini. Penelitian ini menggunakan validitas isi untuk uji validitas instrumen dan teknik triangulasi untuk validitas data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penerapan model quantum learning dengan teknik picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pengantar akuntansi. Pada pratindakan, skor persentase pencapaian motivasi belajar siswa adalah 63,89% dan sebanyak 11 siswa atau sebesar 30,56% dinyatakan tuntas dalam hasil belajar. Setelah dilakukan tindakan, skor persentase capaian motivasi belajar meningkat menjadi 71,67% pada siklus 1 dan 80,34% pada siklus 2. Jumlah siswa yang masuk kriteria tuntas dalam hasil belajar menjadi 63,89% pada siklus 1 dan 80,56% pada siklus 2.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model quantum learning dengan teknik picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran pengantar akuntansi pada siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Karanganyar, hal ini terlihat dari kenaikan motivasi dan hasil belajar siswa antar siklusnya dalam penelitian ini.

Kata kunci: motivasi belajar, hasil belajar akhir, Quantum Learning, Picture and Picture

×
Penulis Utama : Aprilya Ika Palupi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7411021
Tahun : 2016
Judul : Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Quantum Learning Dengan Teknik Picture And Picture Pada Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Akuntansi-K.7411021-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sigit Santoso, M. Pd
2. Dini Octoria, S. Pd, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.