Penulis Utama : Anton Sugiyarto
NIM / NIP : K7112026
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cerita kembali. (2) Meningkatkan keterampilan menulis cerita kembali dengan menggunakan model pembelajaran kooperatid tipe concept sentence pada peserta didik kelas IV SD Negeri Gumpang 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016.
Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Gumpang 3 Sukoharjo yang berjumlah 23 peserta didik, yang terdiri dari 9 peserta didik perempuan dan 14 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) kualitas proses pembelajaran menulis cerita kembali meningkat melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence; dan (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita kembali pada peserta didik kelas IV SD Negeri Gumpang 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: keterampilan menulis, menceritakan, model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence.

×
Penulis Utama : Anton Sugiyarto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112026
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Kembali (PTK pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Gumpang 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112026-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M. Pd.,
2. Matsuri, S.Pd. M. Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.