Penulis Utama : Puput Nur Wijayanto
NIM / NIP : K7116145
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis kembali teks narasi dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Karangasem III Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 31. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data yaitu pengamatan, wawancara mendalam, tes, dan dokumentasi serta menerapkan teknik analisis validitas isi, triangulasi teknik, dan triangulasi sumber.  Data  dianalisis  menggunakan  teknik  analasis  interaktif  Miles dan Hubberman.
 
Hasil  tes  keterampilan  menulis  kembali  teks  narasi  pada  penelitian  ini menunjukan peningkatan pada tiap siklusnya hingga mencapai indicator kinerja penilaian.  Hal  tersebut  dapat  dilihat  pada  pratindakan  penelitian  menunjukan ketuntasan klasikal sebesar pada pratindakan yaitu 7 dari 31 peserta didik tuntas (22,58%), meninngkat pada siklus I yaitu 14 dari 31 peserta didik yang tuntas  (45,26%), dan meningkat pada siklus II menjadi 25 dari 31 peserta didik yang tuntas (80,65%). Selain peningkatan pada kemampuan keterampilan menulis kembali teks narasi, peningkatan juga terlihat pada observasi aktivitas peserta didik dan penilaian kinerja  guru.  Simpulan  dari  penelitian  ini  adalah  penerapan  pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan menulis kembali  teks  narasi  pada  peserta  didik  kelas  IV  SD  Negeri  Karangasem  III Surakarta tahun ajaran 2019/2020.

Kata Kunci: keterampilan menulis kembali teks narasi, pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write, Sekolah Dasar

 

×
Penulis Utama : Puput Nur Wijayanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116145
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kembali Teks Narasi (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Karangasem III Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116145 -2020
Kata Kunci : keterampilan menulis kembali teks narasi, pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write, Sekolah Dasar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rukayah, M.Hum.
2. Drs. Tri Budiharto, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.