Penulis Utama : Rino Aldyan Sakti
NIM / NIP : K7115146
×

ABSTRAK

Tingkat keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan masalah masih rendah. Mengingat pentingnya keterampilan pemecahan masalah bagi peserta didik, maka dicarilah alternatif yaitu penggunaan model pembelajaran yangmenunjang keterampilan peserta didik dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian skripsi ini adalah untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah interpretasi data melalui model pembelaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada peserta didik kelas V SDN Kemasan 2 No.248 Surakarta tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas V SDN Kemasan 2 No.248 Surakarta tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan kajian dokumen. Validitas data diuji dengan validitas isi, triangulasi sumber dan trianglulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Milles dan Hubberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization meningkatkan keterampilan interpretasi data. Peningkatan tersebut, dapat dilihat dari jumlah peserta didik yang memenuhi indikator kinerja penelitian dan terjadi peningkatan pada setiap siklus, pratindakan sebesar 4 peserta didik atau 14% terampil, meningkat pada siklus I sebesar 12 peserta didik atau 43% terampil, dan meningkat pada siklus III sebesar 25 peserta didik atau 89,29% terampil. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dapat meningkatkan keterampilan interpretasi data peserta didik kelas V SDN Kemasan 2 No.248 Surakarta tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: Keterampilan Pemecahan Masalah Intepretasi Data, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI, Sekolah Dasar

 

×
Penulis Utama : Rino Aldyan Sakti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115146
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Interpretasi Data melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD N Kemasan 2 No.248 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7115146-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sularmi M.Pd,
2. Anesa Surya, S. Pd, M. Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.