Penulis Utama : Eri Virmando
NIM / NIP : S531608014
×

Latar Belakang : Pendidikan gizi pada anak taman kanak-kanak merupakan upaya meningkatkan kesadaran berperilaku hidup sehat dalam konsumsi buah dan sayuran melalui komunikasi, informasi dan edukasi, cenderung untuk belajar sambil bermain yang menjadi hal utama dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak, fisik, mental emosional dan perkembangan sosial anak. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pendidikan gizi melalui teknik bernyanyi dan permainan kartu bergambar terhadap sikap, perilaku gizi dan asupan buah serta sayuran pada anak taman kanak-kanak.

Metode Penelitian : Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental, dengan rancangan penelitian pre-post test with control group design. Subjek  penelitian ini berjumlah 68 siswa dari 4 sekolah TK di Kecamatan Tempilang, penelitian ini dilakukan pada bulan Januari - Februari 2018. Data sikap, dan perilaku gizi diperoleh melalui kuesioner, serta asupan buan dan sayuran diperoleh melalui food Recall 2 x 24 jam  tanpa berturut turut. Analisis data menggunakan uji Paired T Test, Anova dan Post Hoc dengan p < 0,05.

Hasil  : Terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok pendidikan gizi dengan sikap, perilaku gizi dan asupan buah serta sayuran. Intervensi gabungan mempunyai nilai tertinggi pada sikap gizi 7.38±0.98 (p= 0,041),  dan perilaku gizi  49.06 (p= 0,001), serta pada asupan buah 46.59 (p= 0,016) dan asupan sayuran nilai tertinggi pada teknik bernyanyi 41.62 (p= 0,001) berbeda dengan media intervensi lainnya. Terdapat perubahan sikap gizi baik yang meningkat sesudah intervensi (97,1%) dari sebelum intervensi (95,6%), perubahan perilaku gizi baik yang meningkat sesudah intervensi (45,6%) dari sebelum intervensi (79,4%), dan perubahan asupan buah yang cukup dari kebutuhan sesudah intervensi (48,5%) dari sebelum intervensi (19,1%), serta perubahan asupan sayuran yang cukup dari kebutuhan sesudah intervensi (27,9%) dari sebelum intervensi (2,9%).

Kesimpulan : Pendidikan gizi melalui teknik bernyanyi dan permainan kartu bergambar berpengaruh terhadap sikap dan perilaku gizi serta asupan buah dan sayuran pada anak TK.

 

×
Penulis Utama : Eri Virmando
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531608014
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Pendidikan Gizi Melalui Teknik Bernyanyi Dan Permainan Kartu Bergambar Terhadap Sikap Dan Perilaku Gizi Serta Asupan Buah Dan Sayuran Pada Anak Taman Kanak Kanak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Ilmu Gizi-S 531608014-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sapja Anantanyu, M.Si
2. Dr. Ir. Kusnandar M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.