Penulis Utama : Norma Budi Aryati
NIM / NIP : S531608027
×

Latar Belakang : Masa dua tahun pertama kehidupan merupakan periode kritis pertumbuhan anak. Pada anak bawah dua tahun dari keluarga miskin, ketersediaan pangan keluarga dan perilaku sadar gizi seimbang akan berpengaruh terhadap kualitas maupun kuantitas makanan yang dikonsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan perilaku sadar gizi seimbang, asupan energi, dan ketersediaan pangan keluarga miskin dengan pertumbuhan pada anak bawah dua tahun

Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Populasi adalah anak usia 12-24 bulan (bawah dua tahun) dari keluarga miskin dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 130 anak. Data perilaku sadar gizi seimbang dikumpulkan dengan kuesioner. Data ketersediaan pangan keluarga miskin dikumpulkan dengan kuesioner dan asupan energi dengan food recall 2x24 jam. Data pertumbuhan diperoleh dari catatan di buku KIA dan pengukuran langsung. Analisis data menggunakan path analysis AMOS 22.

Hasil : Perilaku sadar gizi seimbang ibu berhubungan dengan pertumbuhan anak baduta (b=0,367,p=0,024). Asupan energi berhubungan langsung terhadap pertumbuhan anak baduta (b=0,466,p=0,001). Ketersediaan pangan pada keluarga miskin tidak berhubungan langsung dengan pertumbuhan (p=0,165), namun memiliki hubungan tidak langsung melalui perilaku sadar gizi seimbang dan asupan energi (b= -0,220).

Kesimpulan : Perilaku sadar gizi seimbang  dan asupan energi dari Makanan Pendamping ASI (MP ASI) yang cukup sesuai Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada anak bawah dua tahun berhubungan  dengan pertumbuhan anak baduta.

×
Penulis Utama : Norma Budi Aryati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531608027
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Perilaku Sadar Gizi Seimbang, Asupan Energi, dan Ketersediaan Pangan Keluarga Miskin dengan Pertumbuhan pada Anak Bawah Dua Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ilmu Gizi-S531608027-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Diffah Hanim, Dra., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.