Penulis Utama : Yohanes Kristiaji
NIM / NIP : K4213078
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) dinamika kepribadian dalam naskah ketoprak Rembulan Wungu karya Bondan Nusantara.; (2) nilai pendidikan dalam naskah ketoprak Rembulan Wungu karya Bondan Nusantara; dan (3) relevansi naskah ketoprak Rembulan Wungu karya Bondan Nusantara terhadap bahan ajar menulis teks eksposisi di SMA kelas XI.
Penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif dengan pendekatan psikologi sastra. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Data di dapatkan dari naskah ketoprak Rembulan Wungu karya Bondan Nusantara, wawancara dengan pengarang, pakar sastra khususnya ketoprak, orang yang berkompeten dalam ilmu psikologi, guru bahasa Jawa, dan siswa. Validitas data diperoleh melalui triangulasi teori, yaitu melakukan penelitian topik yang sama kemudian peneliti membandingkan dokumen atau teori yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis mengalir yang meliputi tiga komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) dinamika kepribadian tokoh-tokoh pada  naskah  ketoprak  Rembulan  Wungu  karya  Bondan  Nusantara,  yaitu:  (a) naluri,  dan  (b) kecemasan,  (2)  nilai  pendidikan  yang terkandung adalah  nilai
religius,  moral,  sosial,  dan  budaya,  dari  keempat  nilai  tersebut  yang  paling dominan adalah nilai sosial; dan (3) relevansi naskah ketoprak Rembulan Wungu karya Bondan Nusantara memungkinkan dan bisa digunakan sebagai bahan ajar menulis teks eksposisi mengenai seni pertunjukan Jawa di SMA, hal ini bisa dilihat dari segi isi, bahasa, dan nilai didik yang terkandung di dalamnya.

Kata Kunci : ketoprak, dinamika kepribadian, nilai pendidikan, bahan ajar

×
Penulis Utama : Yohanes Kristiaji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213078
Tahun : 2018
Judul : Dinamika Kepribadian dan Nilai Pendidikan dalam Naskah Ketoprak Rembulan Wungu Karya Bondan Nusantara serta Relevansinya sebagai Bahan Ajar Bahasa Jawa di SMA (Analisis Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4213078-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M. Pd.
2. Favorita Kurwidaria, S. S., M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.